10 Cara Membersihkan Kursi Kayu Agar Mengkilap

Sentronclean | Kursi kayu adalah salah satu jenis furnitur yang banyak digunakan di rumah, kantor, atau tempat lainnya. Selain itu, kursi kayu memiliki kelebihan seperti kuat, tahan lama, dan estetis. Namun, kursi kayu juga membutuhkan perawatan agar tetap bersih dan mengkilap. Dan pada artikel kali ini, kita memiliki sedikit cara membersihkan kursi kayu agar mengkilap.

Jika tidak dirawat dengan baik, kursi kayu bisa kotor, berdebu, berjamur, atau bahkan rusak. Oleh karena itu, Kamu perlu mengetahui cara membersihkan kursi kayu agar mengkilap dengan benar. Berikut ini adalah 10 cara membersihkan kursi kayu agar mengkilap yang bisa Kamu coba.

cara membersihkan kursi kayu agar mengkilap

1. Bersihkan debu dengan kain mikrofiber

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan adalah membersihkan debu yang menempel pada kursi kayu dengan menggunakan kain mikrofiber. Kain mikrofiber adalah kain yang lembut dan halus yang bisa menyerap debu dengan baik. Kamu bisa mengelap kursi kayu dengan kain mikrofiber secara lembut dan merata. Jangan menggunakan kain kasar atau basah karena bisa menggores atau merusak permukaan kayu.

2. Gunakan sabun cuci piring dan air hangat

Cara kedua yang bisa Kamu lakukan adalah menggunakan sabun cuci piring dan air hangat untuk membersihkan noda atau kotoran yang membandel pada kursi kayu. Kamu bisa mencampurkan sabun cuci piring dengan air hangat dalam sebuah ember atau baskom.

Kemudian, celupkan kain mikrofiber ke dalam larutan tersebut dan peras hingga tidak terlalu basah. Selanjutnya, gosok kursi kayu dengan kain mikrofiber tersebut secara perlahan dan hati-hati. Jangan terlalu basah atau terlalu keras karena bisa merusak kayu.

3. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain kering

Cara ketiga yang bisa Kamu lakukan adalah membilas kursi kayu dengan air bersih setelah menggunakan sabun cuci piring dan air hangat. Kamu bisa menggunakan semprotan air atau lap basah untuk membilas kursi kayu.

Pastikan Kamu membilas semua sisa sabun atau kotoran yang masih menempel pada kursi kayu. Setelah itu, keringkan kursi kayu dengan menggunakan kain kering atau handuk. Jangan biarkan kursi kayu basah atau lembab karena bisa menyebabkan jamur atau kerusakan.

4. Gunakan cuka putih dan minyak zaitun

Cara keempat yang bisa Kamu lakukan adalah menggunakan cuka putih dan minyak zaitun untuk membersihkan dan mengkilapkan kursi kayu. Cuka putih dan minyak zaitun adalah bahan alami yang bisa membersihkan kotoran, menghilangkan bau, dan memberikan kilau pada kayu.

Kamu bisa mencampurkan cuka putih dan minyak zaitun dengan perbandingan 1:2 dalam sebuah botol semprot. Kemudian, semprotkan larutan tersebut pada kursi kayu dan gosok dengan kain mikrofiber secara merata. Biarkan larutan tersebut meresap ke dalam kayu selama beberapa menit, lalu lap dengan kain kering.

5. Gunakan baking soda dan air

Cara kelima yang bisa Kamu lakukan adalah menggunakan baking soda dan air untuk membersihkan noda yang sulit dihilangkan pada kursi kayu. Baking soda dan air adalah bahan yang bisa mengangkat noda dan menghilangkan bau pada kayu.

Dan Kamu bisa mencampurkan baking soda dan air dengan perbandingan 1:4 dalam sebuah mangkuk. Kemudian, oleskan pasta tersebut pada noda yang ada pada kursi kayu dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, gosok noda dengan kain mikrofiber atau sikat gigi bekas secara perlahan. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain kering.

6. Gunakan pasta gigi dan kain mikrofiber

Cara keenam yang bisa Kamu lakukan adalah menggunakan pasta gigi dan kain mikrofiber untuk membersihkan goresan atau lecet pada kursi kayu. Pasta gigi dan kain mikrofiber adalah bahan yang bisa mengisi dan menyamarkan goresan atau lecet pada kayu.

Kamu bisa mengoleskan pasta gigi pada goresan atau lecet yang ada pada kursi kayu dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu, gosok goresan atau lecet dengan kain mikrofiber secara melingkar. Ulangi proses ini sampai goresan atau lecet tidak terlihat lagi.

7. Gunakan lilin atau minyak kayu putih

Cara ketujuh yang bisa Kamu lakukan adalah menggunakan lilin atau minyak kayu putih untuk memberikan perlindungan dan kilau pada kursi kayu. Lilin atau minyak kayu putih adalah bahan yang bisa membentuk lapisan tipis pada permukaan kayu yang bisa mencegah debu, kotoran, atau air masuk ke dalam kayu.

Lalu, Kamu bisa mengoleskan lilin atau minyak kayu putih pada kursi kayu dengan menggunakan kain mikrofiber atau kuas. Pastikan Kamu mengoleskan secara merata dan tipis. Biarkan lilin atau minyak kayu putih mengering dan mengeras, lalu lap dengan kain kering.

8. Gunakan amplas dan cat ulang

Cara kedelapan yang bisa Kamu lakukan adalah menggunakan amplas dan cat ulang untuk memperbaiki kursi kayu yang rusak atau pudar warnanya. Amplas dan cat ulang adalah bahan yang bisa menghapus lapisan lama dan memberikan lapisan baru pada kayu. Kamu bisa mengamplas kursi kayu dengan menggunakan amplas halus atau mesin amplas.

Pastikan Kamu mengamplas secara merata dan hati-hati. Setelah itu, bersihkan debu yang timbul dari proses amplas dengan kain kering. Kemudian, cat ulang kursi kayu dengan menggunakan cat kayu yang sesuai dengan warna dan jenis kayu. Biarkan cat mengering dan mengeras, lalu lap dengan kain kering.

9. Gunakan lem kayu dan paku

Cara kesembilan yang bisa Kamu lakukan adalah menggunakan lem kayu dan paku untuk memperbaiki kursi kayu yang patah atau retak. Lem kayu dan paku adalah bahan yang bisa menyatukan kembali bagian-bagian kayu yang terpisah atau terbelah.

Kamu bisa mengoleskan lem kayu pada bagian-bagian kayu yang patah atau retak dan tekan hingga rapat. Pastikan Kamu mengoleskan lem kayu secara cukup dan rapi. Jika perlu, Kamu bisa menambahkan paku untuk memperkuat sambungan kayu. Biarkan lem kayu dan paku mengering dan mengeras, lalu lap dengan kain kering.

10. Gunakan lap basah dan setrika

Cara kesepuluh yang bisa Kamu lakukan adalah menggunakan lap basah dan setrika untuk memperbaiki kursi kayu yang bengkok atau melengkung. Lap basah dan setrika adalah bahan yang bisa mengembalikan bentuk asli kayu yang bengkok atau melengkung dengan menggunakan panas dan uap.

Dan kamu bisa meletakkan lap basah di atas bagian kayu yang bengkok atau melengkung dan menyetrika dengan menggunakan setrika panas. Pastikan Kamu menyetrika secara perlahan dan berulang-ulang. Setelah itu, angkat lap basah dan biarkan kayu dingin dan kering, lalu lap dengan kain kering.

Demikianlah 10 cara membersihkan kursi kayu agar mengkilap yang bisa Kamu coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. Namun jika menggunakan cara-cara di atas yang kita sebutkan belum ampuh, coba saja untuk menghubungi sentronclean.co.id, jasa pembersih ruangan dan furniture terbaik di Indonesia.

Mengapa harus sentronclean.co.id? karena sentronclean.co.id sudah berpengalaman, dan sudah dingunakan banyak pengguna di seluruh Indonesia. Memiliki ulasan positif, di mana para penggunanya menyatakan bahwa furniture mereka bisa menjadi seperti baru lagi, tentunya tanpa harus membeli barang baru. Lebih hemat biaya bukan? Ayo hubungi sentronclean.co.id agar kursi kamu mengkilap seperti baru!.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sosial Media Kami

Dapatkan informasi menarik dan diskon spesial yang akan kami bagikan di halaman sosial media kami.

    https://sentronclean.co.id/wp-content/uploads/2022/02/cropped-Favicon-sentron.png
    https://sentronclean.co.id/wp-content/uploads/2020/04/img-footer-map.png

    Sosial Media Kami

    Dapatkan informasi menarik dan diskon spesial yang akan kami bagikan di halaman sosial media kami.

      Copyright © SentronClean. 2022 All rights reserved.

      Copyright © SentronClean. 2022 All rights reserved.

      Rate this post
      Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1007-8008