Cara Mengusir Tikus di Plafon Paling Efektif dan Hemat

Sentronclean | Siapa di sini yang suka merasa terganggu jika ada tikus di plafon, kira-kira seperti apa cara mengusir tikus di plafon? Ya, tikus adalah hewan pengerat yang sering menjadi masalah bagi banyak rumah tangga. Selain dapat merusak barang-barang, tikus juga dapat menularkan penyakit berbahaya seperti leptospirosis, salmonellosis, dan pes.

Salah satu tempat favorit tikus untuk bersarang adalah plafon rumah. Tikus suka bersembunyi di plafon karena merasa aman dan hangat. Namun, keberadaan tikus di plafon tentu sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Apalagi jika tikus membuat suara gaduh, menggigit kabel listrik, atau bahkan jatuh dari plafon.

cara mengusir tikus di plafon

Bahaya Tikus di dalam Rumah

Lalu sebelum lanjut ke pembahasan cara mengusir tikus di plafon, apa saja bahaya tikus di dalam rumah? Berikut ini adalah beberapa bahaya yang perlu Kamu waspadai:

1. Menyebarkan Penyakit

Perlu diketahui dan diingatm tikus dapat menyebarkan penyakit tertentu kepada manusia secara langsung maupun tidak langsung. Manusia yang tanpa sengaja memiliki kontak langsung dengan tikus terinfeksi akan mudah tertular virus dari hewan itu.

Beberapa cara penularannya meliputi menghirup udara yang terkontaminasi, menyentuh mata, hidung, atau mulut usai terkena bahan yang terkontaminasi, tergigit atau dicakar tikus yang terinfeksi, atau memakan makanan yang terkontaminasi virus dalam tikus.

Selain itu, kontak secara tidak langsung juga bisa menularkan virus dari tikus ke manusia. Misalnya, saat manusia tergigit serangga yang pernah memakan bangkai tikus yang terinfeksi.

2. Merusak Barang-Barang

Tikus adalah hewan pengerat yang suka menggerogoti benda-benda di sekitarnya. Mereka bisa melubangi tanah, mengigiti perabotan, bahkan merusak kabel listrik. Kerusakan ini dapat berakibat fatal, seperti kebakaran, sengatan listrik, atau kerugian materi.

Selain itu, tikus juga suka merusak makanan dan minuman yang ada di rumah. Mereka bisa mencari makanan hingga ke tempat-tempat tersembunyi, seperti dapur, lemari, atau kulkas. Mereka juga bisa menggerogoti makanan yang sudah ditutup rapat-rapat, dengan cara menggerogotinya. Hal ini tentu sangat membahayakan kesehatan, karena makanan dan minuman yang terkontaminasi tikus dapat menyebabkan penyakit.

3. Mengganggu Ketenangan

Kemudian, tikus juga dapat mengganggu ketenangan Kamu dan keluarga di rumah. Tikus biasanya aktif pada malam hari, saat Kamu sedang beristirahat. Mereka bisa membuat suara gaduh, seperti berlari, melompat, atau berkelahi dengan tikus lainnya. Suara ini bisa mengganggu tidur Kamu dan membuat Kamu merasa tidak nyaman.

Lalu, tikus juga bisa menimbulkan rasa takut atau jijik bagi sebagian orang. Apalagi jika tikus tiba-tiba muncul di depan Kamu atau jatuh dari plafon. Hal ini bisa membuat Kamu kaget, panik, atau bahkan trauma.

Itulah beberapa bahaya tikus di dalam rumah yang perlu Kamu waspadai. Jika Kamu menemukan tikus di rumah Kamu, segera lakukan langkah-langkah untuk mengusir atau membasmi mereka.

Cara Mengusir Tikus dari Plafon Rumah

Lalu, bagaimana cara mengusir tikus dari plafon rumah? Berikut ini adalah tujuh cara yang bisa Kamu coba, yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Memasang jebakan tikus

Cara mengusir tikus di plafon rumah yang pertama adalah memasang jebakan tikus. Kamu bisa menggunakan jebakan tikus yang berbentuk seperti penjepit atau lem tikus. Cara ini cukup mudah dan sederhana.

Kamu tinggal meletakkan jebakan tikus di jalur yang biasa dilalui tikus, seperti di dekat lubang atau sudut plafon. Jangan lupa memberikan umpan yang menarik bagi tikus, seperti daging, keju, atau kacang. Setelah tikus tertangkap, segera buang tikus ke tempat yang jauh dari rumah Kamu.

2. Memasang pengusir tikus ultrasonik

Cara mengusir tikus di plafon rumah yang kedua adalah memasang pengusir tikus ultrasonik. Alat ini mengeluarkan gelombang suara berfrekuensi tinggi yang tidak dapat didengar manusia, tetapi dapat mengganggu pendengaran tikus.

Dengan begitu, tikus akan merasa tidak nyaman dan tidak mau tinggal di plafon rumah Kamu. Kamu bisa membeli alat ini di toko-toko online atau offline dengan harga yang bervariasi. Pasang alat ini di plafon rumah Kamu dan nyalakan sesuai petunjuk penggunaan.

3. Menggunakan pengusir tikus elektromagnetik

Cara mengusir tikus di plafon rumah yang ketiga adalah menggunakan pengusir tikus elektromagnetik. Alat ini menghasilkan gelombang elektromagnetik yang dapat merusak sistem saraf tikus. Dengan begitu, tikus akan merasa stres, sakit, dan tidak bisa berkembang biak.

Alat ini juga tidak berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan lainnya. Kamu bisa membeli alat ini di toko-toko online atau offline dengan harga yang bervariasi. Pasang alat ini di stop kontak rumah Kamu dan nyalakan sesuai petunjuk penggunaan.

4. Menyemprotkan semprotan antitikus

Cara mengusir tikus di plafon rumah yang keempat adalah menyemprotkan semprotan antitikus. Semprotan ini mengandung bahan-bahan yang tidak disukai tikus, seperti cabai, bawang putih, atau minyak esensial.

Aroma semprotan ini akan membuat tikus merasa terganggu dan tidak mau mendekati plafon rumah Kamu. Kamu bisa membeli semprotan ini di toko-toko online atau offline dengan harga yang bervariasi. Semprotkan semprotan ini di plafon rumah Kamu secara rutin dan merata.

5. Menaburkan lada hitam

Cara mengusir tikus di plafon rumah yang kelima adalah menaburkan lada hitam. Lada hitam mengandung piperin, senyawa yang dapat menyebabkan iritasi pada hidung tikus. Dengan begitu, tikus akan merasa tidak nyaman dan tidak mau tinggal di plafon rumah Kamu. Kamu bisa membeli lada hitam di toko-toko bahan makanan dengan harga yang terjangkau. Taburkan lada hitam di plafon rumah Kamu secara rutin dan merata.

6. Meneteskan cuka

Cara mengusir tikus di plafon rumah yang keenam adalah meneteskan cuka. Cuka memiliki aroma yang menyengat dan asam, yang dapat mengganggu indera penciuman tikus. Dengan begitu, tikus akan merasa tidak nyaman dan tidak mau tinggal di plafon rumah Kamu. Kamu bisa membeli cuka di toko-toko bahan makanan dengan harga yang terjangkau. Teteskan cuka di plafon rumah Kamu secara rutin dan merata.

Baca Juga: Sentron Clean, Solusi Masalah Kebersihan Rumah Anda

7. Memanggil Jasa Cleaning Servis pembasmi tikus

Cara mengusir tikus di plafon rumah yang ketujuh adalah memanggil jasa cleaning servis atau general cleaning. Jika cara-cara di atas tidak berhasil atau Kamu merasa tidak mampu melakukannya sendiri, Kamu bisa meminta bantuan dari jasa cleaning service pembasmi tikus profesional.

Jasa ini biasanya memiliki alat dan metode yang lebih canggih dan efektif untuk mengusir tikus dari plafon rumah Kamu. Kamu bisa menghubungi jasa ini melalui website ini atau nomor telepon yang telah kami cantumkan di bawah. Selain itu, Kamu harus membayar biaya yang sesuai dengan layanan yang diberikan.

Untuk biaya jasa ini, jangan khawatir, karena jasa cleaning service dan general cleaning ini sangat murah meriah alias terjangkau. Jadi, Dengan menggunakan jasa cleaning service dan general cleaning, rumah kamu akan aman dari tikus, sehingga lebih nyaman dan sehat.

Itulah tujuh cara mengusir tikus di plafon rumah yang paling efektif dan hemat. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Kamu mengatasi masalah tikus di plafon rumah Kamu. Selamat mencoba! Ayo hubungi nomor Telp/WA : 082210078008 jasa cleaning service ini sekarang juga!.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sosial Media Kami

Dapatkan informasi menarik dan diskon spesial yang akan kami bagikan di halaman sosial media kami.

    https://sentronclean.co.id/wp-content/uploads/2022/02/cropped-Favicon-sentron.png
    https://sentronclean.co.id/wp-content/uploads/2020/04/img-footer-map.png

    Sosial Media Kami

    Dapatkan informasi menarik dan diskon spesial yang akan kami bagikan di halaman sosial media kami.

      Copyright © SentronClean. 2022 All rights reserved.

      Copyright © SentronClean. 2022 All rights reserved.

      Rate this post
      Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1007-8008